Prinsip
Dasar dan Metode Kepramukaan merupakan prinsip yang digunakan dalam pendidikan
kepramukaan, yang membedakannya dengan gerakan pendidikan lainnya. Baden-Powell
sebagai penemu sistem pendidikan kepanduan telah menyusun prinsip-prinsip Dasar
dan Metode Kepanduan, lalu menggunakannya untuk membina generasi muda melalui
pendidikan kepanduan. Beberapa prinsip itu didasarkan pada kegiatan anak atau
remaja sehari-hari. Prinsip Dasar dan Metode Kepanduan itu harus diterapkan
secara menyeluruh. Bila sebagian dari prinsip itu dihilangkan, maka organisasi
itu bukan lagi gerakan pendidikan kepanduan.
Dalam
Anggaran dasar Gerakan Pramuka dinyatakan bahwa Prinsip Dasar dan Metode
Kepramukaan bertumpu pada:
- ·
Keimanan dan
ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- ·
Kepedulian
terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;
- ·
Kepedulian
terhadap diri pribadinya;
- ·
Ketaatan kepada
Kode Kehormatan Pramuka.
Prinsip dasar
Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup seorang anggota Gerakan
Pramuka, ditanamkan dan ditumbuhkembangkan melalui proses penghayatan oleh dan
untuk diri pribadinya dengan dibantu oleh pembina, sehingga pelaksanaan dan
pengamalannya dilakukan dengan penuh kesadaran, kemandirian, kepedulian,
tanggung jawab serta keterikatan moral, baik sebagai pribadi maupun anggota
masyarakat.
Metode
Metode Kepramukaan merupakan cara belajar progresif melalui :
- ·
Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
- ·
Belajar sambil melakukan;
- ·
Sistem berkelompok;
- ·
Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung
pendidikan yang sesuai dengan
- Perkembangan rohani dan jasmani pesertadidik;
- · Kegiatan di alam terbuka;
- ·
Sistem tanda kecakapan;
- ·
Sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri;
- ·
Sistem among.
Metode Kepramukaan pada hakikatnya tidak dapat dilepaskan
dari Prinsip Dasar Kepramukaan. Keterkaitan itu terletak pada pelaksanaan Kode
Kehormatan. Metode Kepramukaan juga digunakan sebagai sebagai suatu sistem yang
terdiri atas unsur-unsur yang merupakan subsistem terpadu dan terkait, yang
tiap unsurnya mempunyai fungsi pendidikan yang spesifik dan saling memperkuat
serta menunjang tercapainya tujuan.
Penulis :
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Abdimasgama DAP
literasi :badoelscout.
0 komentar:
Posting Komentar