Sabtu, 31 Agustus 2019

Peringati Hari Pramuka ke 58 SMA N16 Semarang Buat Jurus ANTIK dan GENTUM




Pramuka SMA Negeri 16 Semarang memiliki cara  kreatif dalam memperingati hari pramuka pada 14 Agustus 2019. Pada peringatan HUT Pramuka yang ke 58 anggota pramuka di ambalan kendali sodo dewi anjani mengadakan serangkaian kegiatan antara lain  Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI Kota  Semarang .
Serta yang tak kalah menarik anggota pramuka di pangkalan SMA N 16 Semarang mengadakan Deklarasi Antik (Anti Kantong Plastik) dengan jurus Gentum “Gerakan membawa Tumbler” . Artinya setiap anggota gerakan pramuka yang berada di pangkalan SMA N 16 Semarang diwajibkan untuk membawa tumblernya masing-masing. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan dasa darma ke dua yakni “Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia” Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah baik dari Kamabigus, Guru, Staf Karyawan serta siswa-siswa SMA Negeri 16 Semarang.

Seperti yang dituturkan oleh Kepala SMA Negeri 16 Semarang, Drs Agung Purwoko MPd yakni anggota pramuka SMA N 16 Semarang harus memiliki peran dalam menjaga lingkungan, terutama meminimalisir penggunaan Kantong Plastik, Masalah sampah plastik di Indonesia lagi-lagi menjadi sorotan publik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010 ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. Sekitar 4,8-12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut. Indonesia memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan.
Kak Agung berpesan  anggota pramuka harus menjadi pionir yang unggul dalam upaya penanggulangan sampah, minimal dilingkungan sekolah. Selamat Hari Pramuka, Jaya Selalu !






_______________________________________________________
               Penulis :Amel  (Krani /Sekretaris   Pramuka SMA N 16 Semarang Tahun 2019)            literasi :Jenna R. Jambeck dari University of Georgia
           




0 komentar:

Posting Komentar